Halaman

Rabu, 15 Juni 2011

Jangan Buang Uang Anda Percuma Dengan Promosi Alakadarnya…

Print Friendly and PDF
Dear Rekan2 tercinta…
Sebagai seorang pemilik bisnis tentunya kita sering melakukan promosi penjualan.Dengan promosi penjualan atas produk/barang jasa yg kita jual, tentunya kita ingin agar produk/jasa tersebut dikenal dan ujung-ujungnya tingkat penjualan meningkat.Bentuk promosi penjualan yang dilakukan bisa bermacam-macam seperti brosur/flyer, poster, billboard, spanduk, iklan di koran/majalah dsb.

Mengutip kata-kata motivasi Bapak Andrie Wongso bahwa kesuksesan itu tidak datang tiba-tiba atau hanya keberuntungan semata tetapi diikhtiarkan, direncanakan, penuh keyakinan, perlu kerja keras dan ada niat baik. Oleh karena itu,dalam melakukan kegiatan promosi penjualan pun diperlukan perencanaan dan strategi yang matang agar tujuan/target yang diharapkan tercapai dan yang paling penting dilakukan secara efektif dan efisien.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kegiatan promosi penjualan pastilah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sebenarnya tidak hanya biaya saja, tetapi waktu yang kita alokasikan untuk berpikir dan melakukan promosi juga perlu dihitung karena sebenarnya kita bisa melakukan kegiatan lain yang mungkin lebih berharga.Jadi apa yang perlu diperhatikan dalam setiap kegiatan promosi penjualan?

Kali ini saya coba untuk sharing jurus ampuh melakukan promosi dengan menitikberatkan pada kata-kata apa yang mesti dicantumkan/dipilih pada brosur/flyer,spanduk,iklan dsb berdasarkan konsep AIDA (Attention, Interest, Desire & Action).Meskipun belum tentu 100% sukses, tapi tetap perlu dilakukan karena kita memerlukan test dan ukur atas promosi tersebut sehingga dapat melakukan perbaikan/penyempurnaan ke depannya. Selain itu, ketepatan dalam penempatan/penyebaran pada target konsumen yang dituju juga berpengaruh pada suksesnya promosi yang dilakukan.

Apa sih AIDA itu?Dalam menyusun kata-kata pada media promosi yang dipilih sebaiknya berisi :
  • A (attention) yaitu upaya menarik perhatian calon konsumen. Disini kita berharap agar orang yang menerima/membaca bentuk promosi yang dilakukan tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut.Bagaimana bisa tertarik?trik yang digunakan biasanya coba pengaruhi melalui sifat dasar manusia bahwa orang selalu ingin kenikmatan lebih dan tidak ingin mengalami kesengsaraan/penderitaan. Contoh : iklan mengikuti bazzar di Festival Wirausaha Bekasi 2011(www.festivalwirausaha.com) kata-kata yang dipilih sebagai headline Jangan Tunggu Hingga Omzet Penjualan Anda Turun…atau Pastikan Bisnis Anda Dapat Omzet Besar Disini…
  • I (interest) yaitu upaya untuk menambah minat/ketertarikan.Setelah membaca headline kata-kata tentunya orang bertanya-tanya apa bener yang disebutkan tersebut? maka untuk menyakinkan dipilih kata-kata yang berisi fakta-fakta atau keunggulan produk/jasa yang ditawarkan. Contohnya : iklan Festival Wirausaha Bekasi (FWB) 2011 yang diadakan oleh komunitas bisnis TDA Bekasi, kata-kata yang dipilih Kegiatan FWB 2010 dihadiri oleh 1000 peserta dan diliput oleh beberapa media cetak/elektronik ternama…Setelah mengikuti bazzar,peserta diliput usahanya oleh media cetak/elektronik tanpa biaya alias GRATIS…
  • D (Desire) yaitu upaya untuk menambah keinginan atau minat calon konsumen untuk membuktikan dengan melakukan pembelian/pendaftaran. Contoh : iklan menarik peserta FWB 2011 yang diadakan tgl 23-24 Juli 2011 di Mall Bekasi Square. Kata-kata yang dipilih Hanya dengan investasi sebesar Rp 300.000,- Anda akan mengikuti seminar dan workshop selama 2 hari atau Cukup dengan investasi Rp 300.000,- Anda bisa ikut seminar Purdie Chandra,Joe Hartanto,YuswoHady &praktisi2 bisnis terkenal…Hemat Jutaan Rupiah…
  • .A (action) yaitu upaya untuk membuat orang segera bertindak Contoh : iklan FWB 2011. Kata-kata yang dipilih Stand bazzar hanya tersedia 30 stand..Tempat Terbatas…atau  Investasi Peserta hingga 17 Juni 2011 Rp 250.000,- setelah tanggal tersebut Rp 300.000,-…segera hubungi kami  Mofied 08568772926; Bahauddien 0815.9210159; Irfan 0812.9227219; Dhika 0817.6309909
Demikian sharing saya kali ini…dengan harapan selamat mencoba dan terus berkreatifitas dalam pengembangan usaha yang sedang ditekuni saat ini. Semoga bermanfaat.
Salam Sukses Selalu & Utamakan berpikir Positif,

2 komentar:

  1. memang harus mengetahui seluk-beluk tentang iklan , target, dan harus serius. kalau gak, bakalan zonk aja..

    BalasHapus